Selasa, 23 April 2013

Sistem Terdistribusi


Bahasa Pemrograman Yang Di Gunakan Pada Agen

Bahasa pemrograman yang dipakai untuk tahap implementasi dari software agent, sangatmenentukan keberhasilan dalam implementasi agent sesuai dengan yang diharapkan. Beberapapeneliti memberikan petunjuk tentang bagaimana karakteristik bahasa pemrorgaman yangsebaiknya di pakai [Knabe, 1995] [Brenner et al., 1998]. Diantaranya yaitu :
1.      Object-Orientedness:Karena agent adalah berhubungan dengan obyek, bahkan beberapa peneliti menganggapagent adalah obyek yang aktif, maka juga agent harus diimplementasikan kedalam pemrorgamanyang berorientasi obyek (object-oriented programming language).
2.      Platform Independence:Seperti sudah dibahas pada bagian sebelumnya, bahwa agent hidup dan berjalan diberbagailingkungan. Sehingga idealnya bahasa pemrograman yang dipakai untuk implementasi adalah yangterlepas dari platform, atau dengan kata lain program tersebut harus bisa dijalankan di platformapapun (platform independence).
3.      Communication Capability:Pada saat berinteraksi dengan agent lain dalam suatu lingkungan jaringan (networkenvironment), diperlukan kemampuan untuk melakukan komunikasi secara fisik. Sehinggadiperlukan bahasa pemrograman yang dapat mensupport pemrograman yang berbasis network dankomunikasi.
4.      Security:Faktor keamanan (security) adalah factor yang sangat penting dalam memilih bahasapemrorgaman untuk implementasi software agent. Terutama untuk mobil agent, diperlukan bahasapemrograman yang mensupport level-level keamanan yang bisa membuat agent bergerak denganaman.
5.      Code Manipulation:Beberapa aplikasi software agent memerlukan manipulasi kode program secara runtime,sehingga diperlikan bahasa pemrograman untuk software agent yang dapat menangani masalahruntime tersebut.

Dari karakteristik diatas dapat disimpulkan bahwa bahasa pemrograman yang layak untukmengimplementasikan software agent adalah sebagai berikut :
  • Java
  • Telescript
  • Tcl/Tk, Safe-Tcl, Agent-Tcl
Untuk melihat materi selanjutnya tentang agent, ada pada Link dibawah ini :

Referensi :
http://viyan.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12112/3_Proses.pdf
http://id.scribd.com/document_downloads/direct/46591625?extension=pdf&ft=1365525988&lt=1365529598&userid=40466003&uahk=wAMgxnvoDQnS/dPsLfJJg/gw3k0
http://ilmukomputer.com/2006/08/21/pengantar-software-agent/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar